HOME  |  PUSDATIN  |  LAYANAN  |  KONTAK  |  PETA SITUS

LAYANAN STATISTIK & INFORMASI

STATISTIK PERTANIAN

Data statistik pertanian yang telah tersedia di Departemen Pertanian dikelompokkan berdasarkan data subsistem agribisnis hulu sampai dengan data subsistem agribisnis hilir.

Data subsistem agribisnis hulu meliputi sumberdaya alam, sumberdaya modal, dan sarana produksi. Selanjutnya data subsistem usaha tani meliputi data produksi, konsumsi pertanian dan populasi. Sedangkan data subsistem agribisnis hilir meliputi data pengolahan, produk domestik bruto dan perdagangan komoditas pertanian. Selain itu disajikan juga data subsistem jasa dan penunjang yang meliputi sumberdaya manusia, hasil teknologi pertanian dan kelembagaan pertanian.

STATISTIK HULU

Data statistik agribisnis hulu terdiri atas data sumber daya alam, sumber daya modal dan sarana produksi.

  • Sumber Daya Alam (SDA)
    Data sumber daya alam terdiri dari data lahan, pengairan dan iklim.
  • Sumber Daya Modal
    Data sumber daya modal meliputi investasi dan kredit.
  • SAPRODI
    Data sarana produksi terdiri dari data benih, data pupuk, data pestisida dan data alat/mesin (alsintan) pertanian.
    • BENIH BIBIT
      Meliputi data produksi benih padi, jagung, kacang tanah, kacang hijau, kedelai, dan benih buah-buahan, serta produksi pembibitan ayam.
    • PUPUK
    • PESTISIDA
    • ALSINTAN
      Meliputi data jumlah alat/mesin pertanian operasional jenis rice milling unit, serta data jumlah penggilingan padi operasional.

STATISTIK USAHA TANI

Data statistik usaha tani meliputi produksi, produktivitas, luas panen dan konsumsi tanaman pangan; produksi, produktivitas dan luas areal perkebunan dan hortikultura; serta populasi peternakan dan konsumsinya.

  • TANAMAN PANGAN : PRODUKSI, PRODUKTIVITAS, LUAS AREAL, KONSUMSI
    Data yang ditampilkan meliputi data produksi, luas panen dan produktivitas padi dan palawija; serta konsumsi perkapita padi-padian dan umbi-umbian.
  • HORTIKULTURA : PRODUKSI, PRODUKTIVITAS, LUAS AREAL
    Meliputi data produksi, luas panen dan produktivitas sayuran dan buah-buahan.
  • PERKEBUNAN : PRODUKSI, PRODUKTIVITAS, LUAS AREAL
    Terdiri dari data produksi, produktivitas dan luas areal komoditas unggulan perkebunan.
  • PETERNAKAN : POPULASI, PRODUKSI dan KONSUMSI
    Menampilkan data populasi, produksi dan konsumsi komoditas unggulan peternakan.

STATISTIK HILIR

Data statistik agribisnis hilir meliputi produk domestik bruto, nilai tukar petani dan info harga.

  • Produk Domestik Bruto
    Meliputi data produk domestik bruto dan perdagangan komoditas pertanian yang terdiri dari data ekspor – impor mencakup volume, nilai ekspor – impor, dan negara eksportir – importir.
  • Nilai Tukar Petani
    Menampilkan data nilai tukar petani di Jawa.
  • INFO HARGA
    Data harga mencakup harga di tingkat petani, harga grosir, dan harga tingkat konsumen/harga eceran.

STATISTIK PENUNJANG

Data penunjang terdiri dari data sumber daya manusia, sumber daya teknologi dan kelembagaan pertanian.

  • Sumber Daya Manusia Pertanian (SDM Pertanian)
    Cakupan data meliputi jumlah rumah tangga pertanian, jumlah tenaga kerja pertanian berdasarkan jenis kelamin, jumlah kelompok taruna tani dan wanita tani, jumlah tenaga kerja jasa pertanian, serta jumlah pegawai Departemen Pertanian berdasarkan golongan dan pendidikan.
  • Sumber Daya Teknologi
    Data jumlah varietas hasil penelitian yang telah dilepas, dan deskripsi varietas padi, palawija dan hortikultura hasil pertanian yang dilepas.
  • Kelembagaan Pertanian
    Mencakup data jumlah unit pelaksana teknis yang berada di bawah unit eselon I lingkup Departemen Pertanian.

PENGOLAHAN DAN ANALISIS DATA

Pengolahan data yang dilakukan di Pusdatin antara lain membuat analisis statistik sederhana, yakni analisis deskriptif seperti rata-rata, median, modus dan angka indeks beserta tampilan grafik dan chart. Kemudian analisis statistik lanjut seperti time series, regresi, analisis multivariate dan analisis path (jalur).

TIME SERIES

Data pertanian pada umumnya dicatat secara series baik mingguan, bulanan maupun tahunan. Pusdatin memanfaatkan time series data pertanian untuk melakukan peramalan ke depan, dengan menggunakan berbagai software statistik seperti SAS, Minitab dan SPSS.

REGRESI

Pengolahan data dengan regresi dilakukan antara lain untuk pendugaan kebutuhan pupuk di suatu daerah, analisis kebijakan makro dan pendugaan harga komoditas pertanian.

MULTIVARIATE

Analisis multivariate telah dimanfaatkan untuk melakukan analisis kebijakan makro.

ANALISIS JALUR (PATH ANALYSIS)

Analisis jalur akan dimanfaatkan untuk melakukan kajian-kajian yang bersifat sosial, yang berkaitan dengan pertanian.


PENGEMBANGAN METODOLOGI

Pengembangan metodologi pengumpulan data pertanian merupakan salah satu pelaksanaan tugas pokok dan fungsi (TUPOKSI) Pusdatin yang dalam memperbaiki kualitas data pertanian serta menyediakan buku panduan bagi petugas lapang. Pengembangan metodologi pengumpulan data tersebut meliputi data luas tanaman, produksi, produktivitas dan populasi komoditas pertanian. Kegiatan pengembangan metodologi ini dilakukan bekerja sama dengan BPS, Eselon I terkait dan juga IPB.

Output yang telah dihasilkan dari kegiatan ini adalah pengembangan metodologi pengumpulan data Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan dan Peternakan.

Pengembangan Metodologi Pengumpulan Data Tanaman Pangan

Pengumpulan data tanaman pangan yang mencakup komoditas padi dan palawija terdiri dari data luas areal dan data produktivitas. Pengumpulan data luas saat ini dilakukan dengan pencacahan lengkap melalui pelaporan Mantri Tani di Kecamatan.

Sementara data produktivitas dikumpulkan melalui survei ubinan berukuran 2,5 x 2,5 meter yang dilakukan secara bersama antara Mantri Tani dan Mantri Statistik/KSK.

Pusdatin telah melakukan upaya pengembangan metodologi pengumpulan data tanaman pangan melalui kerja sama teknis dengan JICA selama tahun 1994 – 2001, sebagai berikut :

Pengembangan metodologi luas panen, dilakukan dengan menerapkan teknik sampling dan wawancara terhadap petani sampel. Sementara untuk metodologi ubinan dilakukan dengan menerapkan metoda ‘hitung rumpun' yang dikenal dengan “rumpun counting” berukuran 10 x 10 rumpun. Keunggulan metoda sampling untuk pengumpulan data luas dibandingkan metoda yang saat ini digunakan adalah pada sisi akurasi secara statistik lebih bisa dipertanggungjawabkan. Sedangkan keunggulan metoda ‘hitung rumpun' adalah lebih sederhananya alat yang digunakan, dengan hasil yang sama akuratnya dengan metoda saat ini. Kedua metoda ini telah disosialisasikan pada 30 propinsi di Indonesia, untuk digunakan sebagai alternatif pembanding bagi data yang selama ini dikumpulkan dengan metodologi yang saat ini berlaku.

Pengembangan Metodologi Pengumpulan Data Hortikultura

Cakupan dari pengembangan metodologi pengumpulan data hortikultura meliputi data produktivitas sayuran dan buah-buahan yang dilakukan sejak tahun 2001, dengan lokasi pengembangan di sentra sayuran dan buah-buahan di Indonesia , yakni Propinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Pengembangan Metodologi Pengumpulan Data Perkebunan

Pengembangan metodologi pengumpulan data perkebunan rakyat mulai dikembangkan oleh Pusdatin bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Perkebunan pada tahun 2002 dengan melakukan kaji ulang. Tahun 2003 dilanjutkan dengan penyempurnaan panduan pengumpulan data perkebunan rakyat bagi petugas lapang tingkat kecamatan serta wacana metodologi pengumpulan data produktivitas. Selanjutnya tahun 2004 dilakukan uji coba sekaligus penyempurnaan panduan tahun sebelumnya.

Pengembangan Metodologi Pengumpulan Data Peternakan

Metodologi pengumpulan data peternakan yang dikembangkan oleh Pusdatin saat ini adalah metodologi pengumpulan data dengan pendekatan survei rumahtangga usaha/pemelihara ternak melalui blok sensus. Metodologi ini merupakan hasil kerjasama Deptan dengan FAO tahun 2001 – 2002. Tujuan metodologi survei ini terutama untuk mengestimasi karakteristik peternakan (misalnya : populasi ternak). Jangka waktu survei yang disarankan adalah semesteran untuk ternak besar dan triwulan untuk ternak kecil dan unggas.


Back to TOP 5


HOME  |  PUSDATIN  |  EDITAMA   |  KONTAK  |  PETA SITUS

© 2004 - 2005 Pusdatin - All Rights Reserved