S E L A M A T   D A T A N G
Homepage Pusat Data & Informasi Pertanian - Departemen Pertanian

HOME

PUSDATIN

LAYANAN

RENSTRA

PETA SITUS

Statistik › Statistik Pertanian

Statistik Pertanian

Pusat Data dan Informasi Pertanian bertugas untuk mengelola data statistik pertanian. Dalam pengelolaannya, data statistik disimpan dalam database yang disebut Basisdata Statistik Pertanian (BDSP). Data tersebut dapat diakses lewat internet dari situs www.deptan.go.id. Dalam menyebarluaskan informasi, disamping melalui internet, data juga dapat diperoleh dalam bentuk publikasi buku “STATISTIK PERTANIAN” yang diterbitkan setiap tahun.  Sejak tahun 2000, juga diterbitkan buku AGRICULTURAL STATISTICS POCKET BOOK., yang ditujukan bagi para pejabat yang akan bepergian ke luar negeri atau anggota DELRI yang menghadiri forum-forum internasional.  Disamping dalam bentuk buku, mulai tahun 2003 data statistik pertanian tersedia dalam bentuk CD.

Dalam buku Statistik Pertanian, data dikelompokkan dalam empat kelompok besar yaitu:

  • Agribisnis Hulu,

  • Usaha Tani,

  • Agribisnis Hilir, dan

  • Jasa dan Penunjang.

Data Agribisnis Hulu terdiri dari data sumberdaya alam, sumberdaya modal dan sarana produksi.  Data Sumberdaya Alam seperti lahan, curah hujan dan temperatur dikumpulkan oleh Pusdatin dari publikasi Badan Pusat Statistik yang diterbitkan setiap tahun. Sedangkan data Sumberdaya Modal seperti PMA, PMDN dan penyaluran kredit, datanya bersumber dari BKPM dan Ditjen Bina Sarana Pertanian yang selama ini mengelola data tersebut. Untuk data Sarana Produksi dikumpulkan dari unit eselon I lingkup Departemen Pertanian yang mengelola perbenihan/pembibitan untuk masing-masing komoditi.

Data Usaha Tani yang terdiri dari luas panen, produksi, produktivitas dan populasi ternak, datanya juga dikumpulkan dari Dinas-Dinas lingkup pertanian bekerjasama dengan  unit eselon I di departemen pertanian seperti data padi, palawija dan hortikultura dikumpulkan oleh dinas pertanian dan dikompilasi oleh Ditjen Bina Produksi Tanaman Pangan dan Ditjen Bina Produksi Hortikultura. Data Perkebunan dari dinas perkebunan dan dikompilasi oleh Ditjen Bina Produksi Perkebunan serta data Peternakan dari dinas peternakan dan dikompilasi oleh Ditjen Bina Produksi Peternakan. Sebelum dipublikasikan, semua data tersebut divalidasi dan dikoordinasikan dengan Ditjen bersangkutan sehingga data yang dipublikasikan adalah data yang sudah valid.

Data Agribisnis Hilir terdiri dari data PDB, ekspor, impor dan Nilai Tukar Petani dikumpulkan dan diolah dari berbagai publikasi yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik.

Data Jasa dan Penunjang seperti sumberdaya manusia bersumber dari Badan Pusat Statistik dan Badan Pengembangan SDM Pertanian. Data sumberdaya Teknologi bersumber dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian dan data Kelembagaan Pertanian bersumber dari Biro Organisasi dan Tata Laksana Pertanian.

Sebagian besar data yang dipublikasikan melalui buku Statistik Pertanian dilakukan updating setiap tahun dengan berkoordinasi dengan unit-unit yang terkait dengan data tersebut.

Disamping buku Statistik Pertanian, Pusat Data dan Informasi Pertanian juga mempublikasikan data statistik dalam bentuk buletin yang berisi data bulanan, atau triwulanan atau semesteran. Buletin yang sudah rutin diterbitkan seperti buletin harga, buletin nilai tukar petani, buletin ekspor-impor dan buletin PDB.

Untuk memperoleh Publikasi yang diterbitkan Pusat Data dan Informasi Pertanian dapat mengambil dari Website Pusdatin di dalam menu publikasi atau  menghubungi :

1.      Kepala Bidang Pelayanan Data dan Informasi. Telp 021 7805305

2.      KaSub Bidang Data Tanaman Pangan dan Peternakan  Telp 021 7816384  ext 5405

3.      Kasub Bidang Data Hortikultura dan Perkebunan Telp 021 7816384 ext 5404

4.      Editama dan Perpustakaan Pusdatin.


Link Terkait :

back to top 5 

HOME  |  PUSDATIN  |  LAYANAN | RENSTRA | PETA SITUS

© 2004 - 2005 Pusdatin - All Rights Reserved